Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Penglihatan

   Selamat malam sob :). Gimana kabarnya?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Ditemani sule bersama ovj enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Penglihatan". Udah pada tau belum Indra Penglihat itu??, hehehe. Indra Penglihat itu pada manusia adalah sepasang mata sob :).Sebelumnya saya ingin bercerita dulu tentang mata ini sob. Mata berfungsi sebagai melihat apa yang kita ingin lihat. Tapi disamping itu mata juga sangat penting sob, Karena apa?? Banyak orang bahkan jutaan orang yang membutuhkan mata untuk melihat sob. Jadi jagalah mata kita dan jangan sampai kita gunakan untuk kejelekan ya sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi dari mata??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Lapisan Sklera = Lapisan terluar dari bola mata, tersusun oleh jaringan ikat berwarna putih buram. Fungsi dari Lapisan Sklera sendiri adalah mempertahankan dan melindung bola mata

2. Lapisan Koroid = Lapisan tengah yang berwarna gelap, banyak mengandung pembuluh darah. Fungsi dari Lapisan Koroid sendiri adalah mensuplai kebutuhan makanan dan oksigen ke retina, dan mencegah pemantulan cahaya yang masuk ke dalam bola mata

3. Lapisan Retina   = Lapisan yang berisi reseptor cahaya, Ada dua macam reseptor. Sel basillus (sel batang) dan sel konus (kerucut). Sel basillus adalah reseptor yang peka terhadap cahaya dengan intensitas lemah(gelap) sedangkan Sel konus dengan intensitas kuat (terang)

4. Iris                     = Selaput tipis kelanjutan dari lapisan koroid bagian depan. Fungsi dari Iris sendiri adalah untuk menghasilkan pigmen berwarna, Juga sering di sebut lapisan pelangi. Tiap suku bangsa, mempunyai iris spesifik (Orang Asia irisnya hitam, orang jerman irisnya hijau kebiruan)

5. Pupil                  = Celah dari iris yang terletak di tengah. Fungsi dari Pupil sendiri adalah untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke bola mata.

6. Aqueous humor = Cairan bola mata yang terletak antara kornea dan lensa mata

7. Lensa                = Berbentuk cembung dan lentuk, serta kenyal. Fungsi dari Lensa Mata sendiri adalah untuk mengatur bayangan agar jatuh tepat di retina, melalui daya akomodasi (memipih dan mencembungnya lensa)

8. Vitreus humor    = Cairan bola mata yang terletak di antara lensa mata dan retina. Fungsi dari Vitreus Humor sendiri adalah untuk menjaga bola mata

   Gimana sob, mudah bukan?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot sob:)

Selera RoNa nangIs dan nguPil bersama ALVi

Selera
= Lapisan Sklera
Ro      = Lapisan KoRoid
Na      = Lapisan RetiNa
Is        = IrIs
Pil       = PuPil
A        = Aqueous humor
L         = Lensa
Vi        = Vitreus humor

Semoga Bermanfaat :)

*Mohon maaf bila ada seseorang yang bernama Rona dan Alvi. Ini hanya untuk memudahkan dalam mengingatnya :).

Posting Komentar

12 Komentar

Unknown mengatakan…
Menarik sekali sob informasi yang diberikan, menambah wawasan pengetahuan kita, keep the spirit
Saeful Rahman mengatakan…
ilmu yang bermanfaat gan,,buat kita - kita yang sulit menghafal bagian dan fungsi indra penglihatan
Admin mengatakan…
boleh ni gan, cuap-cuap and shering info pendidikan
Fahed Syauqi mengatakan…
@oboy hehehe makasih sob. pasti sob :)
abang ichal mengatakan…
hadir untuk meramaikan suasana
NVB mengatakan…
hadir kawan...
Fahed Syauqi mengatakan…
@NVB ya terimakasih kawan :)
Anonim mengatakan…
trimakasih infonya.
kalu boleh menambahkan, ada kornea yang terlewat.
kornea berfungsi untuk menerima rangsang cahaya ke bagian yang lebih dalam.

NRM
Fahed Syauqi mengatakan…
hehehhe ya bro..